7 Manfaat Musik Relaksasi bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

Mendengarkan musik adalah aktivitas yang sangat menyenangkan bagi sekalian orang. Ternyata, selain memberikan efek hiburan, musik juga mempunyai dampak yang positif bagi kesehatan terutama kesehatan psikis. Mendengarkan musik relaksasi secara berkala dan pada waktu-waktu tertentu dapat memberikan beragam manfaat

 

7 Manfaat Musik Relaksasi untuk Kesehatan

 

1. Meningkatkan Tingkat Fokus dan Konsentrasi

Mendengarkan musik yang merelaksasi telah dibuktikan melalui penelitian dapat membantu meningkatkan tingkat konsentrasi seseorang. Musik yang dimaksud dapat berupa musik klasik atau serupa lainnya. Bahkan telah ada praktik relaksasi dengan mendengarkan musik bagi anak-anak agar membantu mereka lebih fokus dalam belajar, serta tidak mudah terdistraksi hal-hal yang mengganggu konsentrasi.

 

2. Mengurangi Stress

Musik relaksasi dapat mengurangi stres secara signifikan. Hal ini karena musik memberikan efek menenangkan yang bisa mengurangi beban tekanan psikis secara perlahan-lahan agar tidak terlalu memenuhi pikiran. Itulah sebabnya ketika mendengarkan musik dengan melodi tertentu, Anda dapat merasakan ketenangan. Apalagi jika musik tersebut telah menjadi genre favorit, tentu akan lebih efektif manfaatnya sebagai pereduksi stres. Dengan mendengarkan musik, Anda akan mendapatkan ketenangan dan kedamaian.

 

3. Mempercepat Proses Pemulihan

Beberapa negara di luar negeri telah mempraktikkan terapi musik untuk mempercepat penyembuhan bagi pasien usai melakukan operasi. Fenomena ini membuktikan bahwa musik dapat membantu percepatan proses pemulihan. Musik yang merelaksasi bekerja dengan cara menekan syaraf penyebab stres, sehingga tersisa energi positif yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya dapat mempercepat penyembuhan.

 

4. Meningkatkan Daya Ingat

Musik relaksasi terutama yang bergenre klasik telah terbukti dapat meningkatkan daya ingat otak. Sebuah organisasi penelitian di luar negeri membantu banyak orang penderita demensia (penyakit pikun) dan alzheimer untuk kembali memperoleh ingatan mereka dengan cara mendengarkan musik. Selain itu, salah seorang peneliti Irvine School of Medicine menyatakan bahwa musik yang tepat dapat mempengaruhi kinerja otak agar lebih positif, sehingga daya ingat pun bertambah.

 

5. Memperbaiki Suasana Hati

Penelitian yang dilakukan oleh ahli di Kanada pada tahun 2011 menunjukkan ada dampak positif dari musik untuk mencairkan kondisi suasana hati (mood). Musik mempunyai semacam energi endorfin, dengan mendengarkannya pada saat yang tepat, kondisi mood yang buruk pun dapat menjadi lebih baik. Peneliti Belanda juga membuktikan melalui penelitiannya bahwa mendengarkan musik ketika saat frustasi akibat kemacetan di jalanan, bisa membantu mengubah suasana hati agar lebih baik.

 

6. Mengurangi Terjadinya Gangguan Tidur atau Insomnia

Sebagian orang terbiasa mendengarkan musik sebelum tidur. Hal ini tidak salah dilakukan, mengingat musik relaksasi dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres sehingga Anda dapat tertidur lebih pulas. Musik ini juga dapat menenangkan sel-sel jantung sehingga bisa bekerja lebih tenang. Denyut jantung pun lebih tertidur, dan Anda bisa tidur lebih cepat ketika mengalami insomnia.

 

7. Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Kecerdasan Verbal

Penelitian yang dilakukan oleh ahli di New York University memberikan hasil bahwa 90% dari sampel anak-anak dengan rentang usia 4—6 tahun mengalami peningkatan kecerdasan secara verbal usai diadakan pelatihan musik. Hal ini menunjukkan beberapa genre musik berpengaruh dalam perkembangan kecerdasan verbal seseorang, terutama anak-anak.

Itulah 7 manfaat musik relaksasi bagi kesehatan yang perlu diketahui. Dengan mendengarkan musik yang merelaksasi, Anda dapat menenangkan diri secara gratis tanpa perlu ribet. Anda pun dapat melakukannya di sela-sela waktu kesibukan. Merelaksasi diri dengan musik dapat dilakukan setidaknya beberapa menit setiap hari nyatanya dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *